Kamis, 29 Januari 2009

MEMBANGUN USAHA FISH BURGER

Apa yang anda bayangkan jika mendengar kata burger? Biasanya pikiran akan akan langsung tertuju ke Burger daging sapi bakar yang banyak tersedia di restoran-restoran cepat saji. Nah, pernahkan anda mendengar Fish burger atau kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi Burger Ikan? Disini kita akan coba sedikit mencari tahu cara pembuatan Fish Burder dan siapa tahu bisa jadi ladang bisnis anda selanjutnya.

Fish Burger dibuat dari olahan berbagai daging ikan yang telah dilumatkan dengan ditambah sedikit tepung tapioka dan bumbu-bumbu sebagai pelengkap. Jadi jangan bayangkan roti yang diisi ikan seperti yang sering anda lihat di film-film kartun.
Bahan Baku dan Bumbu Fish Burger

Bahan baku yang digunakan untuk membuat fish burger adalah jenis-jenis ikan yang mempunyai daging tebal berwarna putih, mempunyai tekstur lembut (mudah dilumatkan). Anda bisa menggunakan ikan tenggiri, kakap, remang/larak, talang-talang atau bisa juga memakai cumi-cumi.

Bumbu-bumbu :
garam
merica / lada
jahe
bawang merah
bawang putih
gula pasir
mentega dan
bumbu penyedap (jika mau)

Bahan penyerta :
tepung tapioca
tepung roti / tepung panir
telur
wortel dan
daun Kucai / daun bawang
Membuat Pasta Ikan

Oke, langkah pertama adalah membuat pasta ikan yang akan menjadi isi fish burger kita. Caranya cukup sederhana dan kami yakin anda mampu membuatnya.

Sekarang kita akan coba membuat pasta dari Bahan Baku Ikan segar.

Pertama, Ikan segar dicuci kemudian dibuat fillet dengan cara menyayat daging ikan mulai dari pangkal ekor sepanjang tulang belakang sampai batas kepala dan badan

Kemudian Fillet dibersihkan dari duri, sisa-sisa kotoran, kemudian dicuci dengan bersih .

Terakhir daging ikan dikerok dengan menggunakan sendok, kemudian digiling hingga lumat / halus.

Bagaimana jika bahan bakunya cumi-cumi? Sebenarnya prinsipnya sama saja, daging cumi-cumi dipisahkan dulu dari kepala dan isi perut, kemudian kupas kulit air berwarna merah / ungu dan cuci hingga bersih. Sekarang tinggal dipotong-potong, kemudian digiling hingga lumat /halus
Cara Membuat Fish Burger

Pasta sudah siap, sekarang kita akan coba membuat bumbunya dan bahan-bahan penyertanya.
Haluskan Bawang merah, bawang putih dan jenis jahe dengan perbandingan = 15 : 3 : 1 bagian dihaluskan. Campuran yang sudah halus ini disebut condiment
Wortel dikupas, dicuci kemudian dipotong halus bentuk dadu. Daun kucai dicuci bersih dan diris halus
Bumbu-bumbu yang diperlukan
Garam 2,5 – 3 %
Merica / lada 0,25 %
Gula pasir 1 %
Mentega 2 %
Condiment 2 %
Bumbu penyedap secukupnya
Bahan penyerta
Tepung tapioca : 8 – 10 %
Telur : 1 butir untuk 1 kg adonan
Wortel : 100 gr untuk 1 kg adonan
Daun kucai : secukup secara ( 100 gr untuk 1 kg adonan )
Tepung panir / tepung roti : 0,5 kg untuk 1 kg adonan
Membuat Adonan Fish Burger

Untuk membuat fish burger diperlukan campuran daging ikan dan cumi-cumi dengan perbandingan 5 : 1, jika digunakan 1 kg daging ikan, diperlukan 200 gram daging cumi-cumi. Campuran daging ikan dan cumi-cumi yang telah dilumatkan diaduk hingga tercampur rata.

Untuk mendapatkan adonan fish burger yang baik, pada penambahan bumbu-bumbu perlu memperhatikan urutan / tahapan sebagai berikut :
Tambahkan garam ke dalam campuran adonan daging,aduk hingga rata
Tambahkan mentega dan aduk hingga rata
Tambahkan telur sambil terus diaduk hingga rata, dan
Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit sampai benar-benar tercampur rata
Selanjutnya berturut-turut tambahkan gula pasir, “ condiment”, merica halus, bumbu penyedap, wortel dan daun kucai yang telah diiris halus, aduk hingga rata

Oke, isi burger telah siap, sekarang variasinya tergantung kreatifitas anda. Mau diberi selada, tomat, saus atau apa aja terserah. Semakin unik variasi yang anda berikan, maka semakin besar kesempatan anda mendapatkan konsumen fanatik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar