Senin, 16 Februari 2009

Aneka Olahan Berbasis Surimi

1. Otak-otak Ikan

Otak-otak ikan adalah produk olahan daging ikan yang dicampur bumbu-bumbu, dicetak dan direbus.

Cara Pengolahan

Lumatan daging ikan yang sudah dihaluskan (100%) dicampurkan dengan garam (2,5%), gula (2%), tapioka (15%), seasoning (bawang merah : bawang putih = 2 : 1) (2%), vetsin (0,4%), lada, wortel dan daun kucai secukupnya, diaduk sampai rata (homogen). Adonan dicetak membentuk wajik atau oval seperti kapsul dan ditampung dalam wadah yang berisi air hangat suhu 40°C selama 20 menit dan selanjutnya direbus pada suhu 90°C selama 20 menit (sampai masak).

2. Breaded Ikan

Breaded ikan merupakan bentuk olahan dari lumatan daging ikan yang dicelupkan ke dalam adonan batter kemudian dilumuri dengan tepung roti dan digoreng.

Cara pengolahan

Breaded

Daging ikan yang sudah dihaluskan (surimi) dicampurkan dengan garam (2,5%), tepung terigu (3%), putih telur (1%), vetsin (0,3%) dan air es (33%) diaduk sampai adonan tercampur rata (homogen).

Adonan dicetak berbentuk bulat atau persegi, selanjutnya dicelupkan dalam batter dan kemudian dilumuri dengan tepung roti sampai merata. Breaded yang diperoleh dibekukan dalam freezer.

Formula batter adalah campuran tepung terigu (12%), tepung beras (8%), tepung maizena (7,5%), backing powder (1,5%), lada (1,9%) garam (1%). Ditambah air dengan perbandingan maksimum 1 : 1.

Cara Penyajian

Breaded digoreng dengan minyak panas suhu 150 - 160°C sampai matang (berwarna kuning kecoklatan).

3. Fish Finger

Fish Finger adalah produk olahan yang berasal dari lumatan daging ikan (surimi), yang dicelupkan dalam adonan batter, kemudian dilumuri/dibalut dengan tepung roti.

Cara Pengolahan

Lumatan daging ikan (surimi) yang sudah dihaluskan (surimi) (84%) dengan garam (1,5%), minyak sayur (3%), ditambah terigu (4%), gula (1%), seasoning (bawang merah : bawang putih : chili : vetsin = 10:8:1) (0,9%) dan air es (6%) aduk sampai rata (homogen). Adonan dicetak dalam loyang/pan dengan ketebalan 1 cm selanjutnya bekukan pada suhu 20°C selama 2 - 4 jam. Potong adonan dengan ukuran 6 x 2 x 1 cm. Adonan yang dipotong kecil dicelupkan dalam batter dan selanjutnya dilumuri dengan tepung roti. Fish Finger yang diperoleh kemudian dicelupkan.

Formula batter adalah campuran tepung terigu (12%) tepung beras (8%), tepung maizena (7,5%), backing powder (1,5%) lada (1,9%) garam( 0%). Ditambah air dengan perbandingan maksimum 1 : 1. Penggorengan dilakukan dengan deep fryer (api sedang) pada suhu 150°C - 160°C) sampai matang atau berwarna kuning kecoklatan.

4. Fish Cake

Fish cake merupakan produk olahan dari lumatan daging ikan (surimi) yang diberi potongan wortel, daun kucai dan mengalami pengukusan selama 1 menit.

Cara Pengolahan

Daging ikan yang sudah dihaluskan (surimi) (80%) ditambahkan garam (1,5%), gula (2%), terigu (5%), minyak goreng (3%), seasoning (bawang merah : bawang putih : vetsin = 5 ; 4 : 1 (2%), kucai dan wortel dipotong-potong kecil secukupnya diaduk sampai rata. Adonan dicetak bentuk bulat atau persegi panjang lalu dikukus selama 15 menit (sampai matang). Pemanfaatan selanjutnya dapat digoreng atau dicampur pada masakan/sayur.

Sumber:

Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Tengah

1 komentar: